Senin, 02 April 2012

Belajar Apa Belajar?

A : Hey, main yu!
B : Sok aja, Aku ga ikutan ya.
A : Ih kok, kenapa???
B : Mau belajar, bentar lagi kan Ujian!

***

Gue yakin pasti kalian pernah (atau mungkin) sering mendapatkan percakapan seperti diatas. Entah lo sebagai 'A' atau 'B'. Tapi ada satu hal yang gue ga yakin dari semua percakapan itu, apa si 'B' yakin, dia belajar?

Gue pribadi, bukan tipe orang yang bisa seharian full belajar tanpa kenal yang namanya rehat atau selingan. Gue gatau (dan sepertinya ga pernah tau) cara belajar orang lain, yang gue tangkep sih, dari cara ngomong mereka, kayanya ga ada waktu buat ga belajar.... o_O

Yang gue bingung, misalkan... gini lo semua sekolah (yang pasti sekarang-sekarang cuma diisi pemantapan/nothing particular) kira-kira paling lama sampe jam 1 atau 2. Terus ceritanya lo diajak buat mampir ke tempat apa buat main sebentar, dan lo jawab 'Maaf, mau belajar' ke yang ngajak lo, terus, lo pulang kerumah kan? Dirumah lo ngapain? setelah beres-beres, mandi, makan, langsung buka buku? Gue yakin, 100% sure without any doubt, lo bakal : a. Nonton, b. Tidur sampe waktu menuju malam.

Dan saat malamnya, kadang iya ada yang belajar 1/2 jam, sisanya? : a. Nonton, b. Tidur sampe bangun nanti paginya, c. Buka HP/Laptop buat browsing, Twitteran, BBMan, atau SMSan.

Saran Gue nih ya, lo emang harus belajar, tapi bukan berarti setiap menit dalam hidup lo dihabisin buat belajar. Kita manusia butuh sesuatu buat nge-charge kita lagi, bisa itu makan, tidur, nonton, main hp, baca novel, dengerin musik atau apapun yang lo suka. Ngutip apa kata Kepala Sekolah baru Gue di sekolah tadi pagi "Ujian Nasional itu bukan segalanya, bukan jaminan kesuksesan di masa depan". And that's true. As a teenagers, we have to act like teenage! Don't push yourself too much for something, just let it flow and do the best! :)

RMRPS

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
Copyright © RMR Putra Suranegara
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com